Rabu, 31 Juli 2013

Rahasia Menghadapi Pulang Kampung Lebaran Pakai Mobil Pribadi

Hari Raya merupakan saat yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Setelah 30 hari lamanya berpuasa, maka tibalah hari raya Idul Fitri atau yang biasa disebut lebaran.

Dalam kamus Wiki : Lebaran Idul Fitri atau biasa disebut "Lebaran" saja dilaksanakan ketika hari raya Idul Fitri tiba, orang-orang Islam umumnya saling bersalam-salaman dan bermaaf-maafan dengan tetangganya, juga familinya setelah menunaikan Salat Ied.

Lebaran identik dengan kata pulkam, artinya setiap hari lebaran akan datang, maka banyak keluarga akan bergegas untuk pulang kampung.

Untuk penduduk perkotaan seperti Tangerang yang biasanya ramai lalu lintas, maka di hari Idul Fitri kita akan menjumpai jalanan yang kosong ke kampung halamannya.

Berbagai cara dilakukan untuk dapat mudik ke kampung halamannya. Ada yang memilih menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus, kapal laut ataupun pesawat terbang. Meskipun harganya bisa menjadi mahal, namun tiket yang dijual selalu habis terjual sebelum hari raya.

Bagi keluarga yang memiliki kendaraan milik pribadi seperti mobil atau motor biasanya akan lebih suka menggunakan kendaraannya, dengan menggunakan kendaraan milik sendiri, mereka akan merasa lebih gembira pun kendaraan tersebut dapat sangat berguna sekali untuk mendatangi rumah keluarganya.

Beberapa hal yang harus di cek memakai kendaraan pribadi sbb:

1. Service Kendaraan sebelum digunakan
Saat anda memilih untuk menggunakan mobil sendiri hal yang perlu anda siapkan adalah service terlebih dahulu mobil di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda. Pastikan bahwa tekanan angin ban, air radiator, wiper, air aki dan sistem kelistrikan dalam kondisi baik. Periksa juga oli mesin, power steering, minyak rem dan karet-karet mobil serta fan belt dalam keadaan bagus.

2. Bawa minuman, makanan dan obat-obatan yang cukup
Bila perjalanan yang anda tempuh cukup jauh sediakan minuman, makanan dan obat-obatan yang cukup. Kalau minuman Anda habis di jalan, Anda dapat minggir untuk membeli minuman di rest area atau minimarket di pinggir jalan. Ingat jangan membeli obat-obatan, pilih yang benar-benar aman untuk di konsumsi.

3. Lengkapi surat-surat mobil
Pastikan Anda membawa SIM dan STNK kendaraan, lihat pajak STNK dan masa berlaku SIM anda, kalau sudah habis atau akan habis pajak dan masa berlakunya, segera urus sebelum Anda mudik lebaran.

Untuk mengurus surat-surat kendaraan Anda seperti perpanjangan pajak STNK kendaraan, balik nama kendaraan, cabut berkas dan mutasi kendaraan, Anda dapat menggunakan Biro Jasa Mitra Samsat, informasi lebih lanjut dapat dilihat di web www.mitrasamsat.com atau menghubungi (021) 9058.0902 / 0817.0751.626.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar